Yogya Lagi: Putus Asa…

Perjalanan yang cukup menyenangkan ini, sebenarnya diawali dengan keputusasaan. Jadi jam 8.30 aku sudah nongkrong di UGM, ternyata pak dosen hari itu gak ke kantornya di MM. Dia ada di gedung Pasca Sarjana, dia bilang bisa ditemui jam 10.45 nanti.

Gedung Pasca dimana pula? Aku tanya pada satpam, katanya di sebelah gedung MM ada gedung MEP, terus di sebelahnya lagi, ya itu gedung Pasca. Akhirnya aku jalan-jalan dulu di jalan kaliurang, nyari mini market.

Jam 10.15, aku mulai berjalan mencari gedung Pasca itu. Wuaahh... panas banget bok... Di sebelah gedung MEP, aku ngeliat gedung tanpa nama. Terus aku tanya saja sama satpam yang jaga di pintu pagar. Keliatannya dia gak begitu yakin gitu...

Aku masukin gedung pertama, ternyata kosong gak ada satpam, resepsionis atau siapapun yang bisa ditanyakan. Kalo menurut tulisan sih itu gedung PAU-nya Pasca. Trus keluar lagi, ke gedung sebelahnya. Gedung sebelahnya ternyata jauh banget, mesti nyebrang lewat jembatan dulu...

Kayaknya ini gedung yang dimaksud sih... Pas masuk, kayak ada kondangan gitu. Ternyata itu ujian S3 yang dimaksud. Aku sudah ke lantai 5, jreng... loh kok kayak kondangan gitu, ada katering-katering... hmm... jadi aku nunggu di bawah saja deh. Gak enak, kesannya jadi intruder di acara hajatannya orang lain kalo nunggu di lantai 5.

Di lantai 1 itu aku nunggu sampe jam 11 lebih. Nelpon dan SMS pak dosen gak diangkat/dibalas, sepertinya pak dosen masih men-silent HP-nya. Di bawah panas banget... kayaknya mau jalan keluar gedung itu males banget... Baju sampe basah. Jam 11.25, dijemput sama Valdi dan Vivi.

Ternyata jam 11.30 pak dosen nyari ke lantai 1, tapi aku sudah pergi. Hikss... selisiban... bete banget. Sudah jauh-jauh kemari, tapi gak ketemu juga, jadi sia-sia dunk. Kayaknya dulu pas S1 gampang banget mau nyari pak Rin. Gak sampe kepanasan gini...

Setelah pergi sama Vivi dan Valdi, aku masih bete gitu... Ditawari mau kemana, manut aja sama tuan rumah. Baru pas agak sore diajak ke Kaliurang (terus mampir ke Mirota Kaliurang), kembali ceria... ya gimana lagi, kalo gak ketemu juga gak apa-apa, kan aku ke Yogya tetep gak sia-sia: bisa jalan-jalan, bisa ke kawinan, dst. Terus kayaknya orang laen mungkin lebih kesulitan lagi deh dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Contohnya pak Sugeng yang tiba-tiba ditempatkan di Banjarmasin, lah mestinya lebih sulit lagi kalo ketemu pak dosen. Ealah... tapi terus sorenya di-SMS sama pak dosen dan dia bilang ketemuannya di rumah dia aja hari Sabtu. Wuuaaaa.... senangnyaaa.....

Yogya Lagi: Putus Asa…

Perjalanan yang cukup menyenangkan ini, sebenarnya diawali dengan keputusasaan. Jadi jam 8.30 aku sudah nongkrong di UGM, ternyata pak dosen hari itu gak ke kantornya di MM. Dia ada di gedung Pasca Sarjana, dia bilang bisa ditemui jam 10.45 nanti.

Gedung Pasca dimana pula? Aku tanya pada satpam, katanya di sebelah gedung MM ada gedung MEP, terus di sebelahnya lagi, ya itu gedung Pasca. Akhirnya aku jalan-jalan dulu di jalan kaliurang, nyari mini market.

Jam 10.15, aku mulai berjalan mencari gedung Pasca itu. Wuaahh... panas banget bok... Di sebelah gedung MEP, aku ngeliat gedung tanpa nama. Terus aku tanya saja sama satpam yang jaga di pintu pagar. Keliatannya dia gak begitu yakin gitu...

Aku masukin gedung pertama, ternyata kosong gak ada satpam, resepsionis atau siapapun yang bisa ditanyakan. Kalo menurut tulisan sih itu gedung PAU-nya Pasca. Trus keluar lagi, ke gedung sebelahnya. Gedung sebelahnya ternyata jauh banget, mesti nyebrang lewat jembatan dulu...

Kayaknya ini gedung yang dimaksud sih... Pas masuk, kayak ada kondangan gitu. Ternyata itu ujian S3 yang dimaksud. Aku sudah ke lantai 5, jreng... loh kok kayak kondangan gitu, ada katering-katering... hmm... jadi aku nunggu di bawah saja deh. Gak enak, kesannya jadi intruder di acara hajatannya orang lain kalo nunggu di lantai 5.

Di lantai 1 itu aku nunggu sampe jam 11 lebih. Nelpon dan SMS pak dosen gak diangkat/dibalas, sepertinya pak dosen masih men-silent HP-nya. Di bawah panas banget... kayaknya mau jalan keluar gedung itu males banget... Baju sampe basah. Jam 11.25, dijemput sama Valdi dan Vivi.

Ternyata jam 11.30 pak dosen nyari ke lantai 1, tapi aku sudah pergi. Hikss... selisiban... bete banget. Sudah jauh-jauh kemari, tapi gak ketemu juga, jadi sia-sia dunk. Kayaknya dulu pas S1 gampang banget mau nyari pak Rin. Gak sampe kepanasan gini...

Setelah pergi sama Vivi dan Valdi, aku masih bete gitu... Ditawari mau kemana, manut aja sama tuan rumah. Baru pas agak sore diajak ke Kaliurang (terus mampir ke Mirota Kaliurang), kembali ceria... ya gimana lagi, kalo gak ketemu juga gak apa-apa, kan aku ke Yogya tetep gak sia-sia: bisa jalan-jalan, bisa ke kawinan, dst. Terus kayaknya orang laen mungkin lebih kesulitan lagi deh dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Contohnya pak Sugeng yang tiba-tiba ditempatkan di Banjarmasin, lah mestinya lebih sulit lagi kalo ketemu pak dosen. Ealah... tapi terus sorenya di-SMS sama pak dosen dan dia bilang ketemuannya di rumah dia aja hari Sabtu. Wuuaaaa.... senangnyaaa.....

Yogya Lagi: Semalam Bersama Mas Robi

Mas Robi adalah pak becak yang menawarkan becak di depan Mal Malioboro. Lagi-lagi menawarkan harga yang underpriced. Tapi... ya sudah... kita iyakan saja dulu (lha ya... sudah underpriced, masa’ mau ditawar lagi?).

Kita naik becak convertible dengan atap terbuka. Tempat kunjungan pertama adalah pak Pele, warung Mie Jawa. Sebenarnya aku pengen ke Bakmi Kadin, tapi si pak becak itu menawarkan ke pak Pele saja, selain lebih dekat, dia juga lebih rame. Hehe... mana aja lah, yang penting Mie Jawa, dah laper neh... dan terbukti pilihan itu cukup tepat... karena ternyata rombongan bapak-bapak pada makan di Bakmi Kadin... huehehehehe... gak seru aja, kalo ketemu mereka... mereka kan naik mobil, kita naik becak.

Pak Pele itu lokasinya di alun-alun dekat Kraton. Menyediakan tempat duduk lesehan maupun berkursi (ini informasi penting loh... terutama untuk yang kurang nyaman makan sambil duduk di bawah...). Pak becaknya sekalian diajakin makan. Aku sudah curiga sama pak becak itu, sepertinya dia gak hanya pak becak saja. Abis omongannya tuh cukup intelek dan nyambung.

Pas lagi makan gitu ada pengamen paduan suara, niat banget lah... gitarnya aja 3, terus kecrekan 1, kendang 1, terus 5-5nya ikutan nyanyi. Sayangnya mereka gak sempet ngamen buat kita. Lumayan kan kalo iya, bisa request lagu yang aneh-aneh.

Tujuan selanjutnya adalah Bakpia Pathok 25, tepatnya di pabriknya. Duile... ternyata sabtu malam gitu penuh banget bok.... dah gitu Bakpia Rasa Campur-nya dah abis pula...

Abis itu selanjutnya ke Dagen, terus pulang ke rumah. Dalam perjalanan pulang itu, si pak becak ini cerita kalo selain mbecak, dia juga ngojek, dan menerima carteran mobil, bisa jadi guide juga. Wualah... multi profesi gitu yak... becaknya ada 2, terus motornya adalah pemberian orang asing yang kebetulan pernah jadi client-nya. Dia bilang sih dia memang termasuk bejo, bersyukur banget bisa ketemu orang-orang baek kayak gitu, jadi dia maunya kerja itu yang jujur-jujur saja, gak mau macem-macem. Dia juga gak menyia-nyiakan tiap kesempatan untuk berusaha. Pokoke struggle deh...

Sebelum masuk ke gang rumahnya bu Ning, aku sempetin untuk nanyain namanya. Biar jadi gak terlalu tipikal: diskusi macem-macem sama orang lain, tapi kita gak tauk namanya, seperti yang sangat sering terjadi di pesawat dan kereta.

Masnya ini namanya siapa ya?
Kalo temen-temen sih manggil saya Robi...

Yogya Lagi: Semalam Bersama Mas Robi

Mas Robi adalah pak becak yang menawarkan becak di depan Mal Malioboro. Lagi-lagi menawarkan harga yang underpriced. Tapi... ya sudah... kita iyakan saja dulu (lha ya... sudah underpriced, masa’ mau ditawar lagi?).

Kita naik becak convertible dengan atap terbuka. Tempat kunjungan pertama adalah pak Pele, warung Mie Jawa. Sebenarnya aku pengen ke Bakmi Kadin, tapi si pak becak itu menawarkan ke pak Pele saja, selain lebih dekat, dia juga lebih rame. Hehe... mana aja lah, yang penting Mie Jawa, dah laper neh... dan terbukti pilihan itu cukup tepat... karena ternyata rombongan bapak-bapak pada makan di Bakmi Kadin... huehehehehe... gak seru aja, kalo ketemu mereka... mereka kan naik mobil, kita naik becak.

Pak Pele itu lokasinya di alun-alun dekat Kraton. Menyediakan tempat duduk lesehan maupun berkursi (ini informasi penting loh... terutama untuk yang kurang nyaman makan sambil duduk di bawah...). Pak becaknya sekalian diajakin makan. Aku sudah curiga sama pak becak itu, sepertinya dia gak hanya pak becak saja. Abis omongannya tuh cukup intelek dan nyambung.

Pas lagi makan gitu ada pengamen paduan suara, niat banget lah... gitarnya aja 3, terus kecrekan 1, kendang 1, terus 5-5nya ikutan nyanyi. Sayangnya mereka gak sempet ngamen buat kita. Lumayan kan kalo iya, bisa request lagu yang aneh-aneh.

Tujuan selanjutnya adalah Bakpia Pathok 25, tepatnya di pabriknya. Duile... ternyata sabtu malam gitu penuh banget bok.... dah gitu Bakpia Rasa Campur-nya dah abis pula...

Abis itu selanjutnya ke Dagen, terus pulang ke rumah. Dalam perjalanan pulang itu, si pak becak ini cerita kalo selain mbecak, dia juga ngojek, dan menerima carteran mobil, bisa jadi guide juga. Wualah... multi profesi gitu yak... becaknya ada 2, terus motornya adalah pemberian orang asing yang kebetulan pernah jadi client-nya. Dia bilang sih dia memang termasuk bejo, bersyukur banget bisa ketemu orang-orang baek kayak gitu, jadi dia maunya kerja itu yang jujur-jujur saja, gak mau macem-macem. Dia juga gak menyia-nyiakan tiap kesempatan untuk berusaha. Pokoke struggle deh...

Sebelum masuk ke gang rumahnya bu Ning, aku sempetin untuk nanyain namanya. Biar jadi gak terlalu tipikal: diskusi macem-macem sama orang lain, tapi kita gak tauk namanya, seperti yang sangat sering terjadi di pesawat dan kereta.

Masnya ini namanya siapa ya?
Kalo temen-temen sih manggil saya Robi...

Yogya Lagi: Borobudur & Guide Amatiran

Sempet-sempetnya ke Borobudur dulu sebelum ke kondangan. Karena rekor Borobudur-ku sudah 4 kali (pas gerhana matahari tahun 1983, pas bareng SMP 41, bareng bapak ibu lagi tapi lupa kapan, bareng si Irva tahun 2005), jadilah aku dijadikan guide amatiran buat menjelaskan ke pak Salam.

Nah, terus pak Salam kan nanya, relief yang di tingkat Rupadhatu itu ceritanya apa. Hmmm... aku hanya ingat mas Ghani pernah menjelaskan Ramayana yang gak berakhir dengan bahagia itu, tapi itu dimana ya? Oh, ternyata di Prambanan. Jadi... kalo di Borobudur bukan Ramayana, artinya relief Borobudur bercerita ttg Mahabarata. Mulai deh aku bercerita ttg Mahabarata, ttg Kurawa dan Pandawa yang sepupuan dan berebut tahta. Terus komentarnya: kayak film India ya... aku tambahin aja: Ya, memang Mahabarata juga dari India...

Ternyata bok... nyampe di Jakarta, baru Ndoro bilang kalo Borobudur itu relief-nya bercerita ttg Sidharta Gautama. HUUUAAAA.... jadi salah dunk Mahabarata-nya?! Setelah aku ingat-ingat lagi, Mahabarata itu kan cerita agama Hindu, sedangkan Borobudur adalah candi agama Buddha. Gak matching bok!! Huahahaha... dasar amatiran...!!!

Yogya Lagi: Borobudur & Guide Amatiran

Sempet-sempetnya ke Borobudur dulu sebelum ke kondangan. Karena rekor Borobudur-ku sudah 4 kali (pas gerhana matahari tahun 1983, pas bareng SMP 41, bareng bapak ibu lagi tapi lupa kapan, bareng si Irva tahun 2005), jadilah aku dijadikan guide amatiran buat menjelaskan ke pak Salam.

Nah, terus pak Salam kan nanya, relief yang di tingkat Rupadhatu itu ceritanya apa. Hmmm... aku hanya ingat mas Ghani pernah menjelaskan Ramayana yang gak berakhir dengan bahagia itu, tapi itu dimana ya? Oh, ternyata di Prambanan. Jadi... kalo di Borobudur bukan Ramayana, artinya relief Borobudur bercerita ttg Mahabarata. Mulai deh aku bercerita ttg Mahabarata, ttg Kurawa dan Pandawa yang sepupuan dan berebut tahta. Terus komentarnya: kayak film India ya... aku tambahin aja: Ya, memang Mahabarata juga dari India...

Ternyata bok... nyampe di Jakarta, baru Ndoro bilang kalo Borobudur itu relief-nya bercerita ttg Sidharta Gautama. HUUUAAAA.... jadi salah dunk Mahabarata-nya?! Setelah aku ingat-ingat lagi, Mahabarata itu kan cerita agama Hindu, sedangkan Borobudur adalah candi agama Buddha. Gak matching bok!! Huahahaha... dasar amatiran...!!!

Yogya Lagi: Preambul

Yogya, ketiga kalinya dalam 3 bulan. Hehehe... Kali ini gak aku tulis secara sekuensial. Karena perjalanan ke Yogya kali ini cukup unik (tapi bukankah setiap perjalanan itu selalu unik ya?). Aku bakalan menulis per topik sajah...

Yogya Lagi: Preambul

Yogya, ketiga kalinya dalam 3 bulan. Hehehe... Kali ini gak aku tulis secara sekuensial. Karena perjalanan ke Yogya kali ini cukup unik (tapi bukankah setiap perjalanan itu selalu unik ya?). Aku bakalan menulis per topik sajah...

Shopping for Courses

The course listing page and the automated wait list portal maybe be the most visited site rite now at Schulich as students are extensively setting up their classes for the term. The most popular question ofcourse is which course ru...